Hari/ tanggal : Rabu / 14 Agustus 2019
Kelas : 2 A
Tema/ Subtema/Pembelajaran : 2 ( Bermain di Lingkunganku)/ 1 ( Bermain di
Lingkungan Rumah)/ 3
Alat
peraga : Lagu video, Gambar
MATERI AJAR
Bahasa Indonesia
- Membaca teks bacaan "Benda-benda di Sekitar Kita" dengan intonasi yang tepat. Kemudian mencari kata-kata yang memiliki makna.
Contoh:
Halus = Halus berarti tidak kasar. Halus juga berarti lembut. Halus juga berarti licin.
Basah = Basah berarti mengandung air atau barang cair.
Berubah = Berubah berarti berbeda dari sebekumnya. - Melengkapi kata yang kosong agar menjadi sebuat kalimat yang padu.
Contoh:
Batu lebih ....... daripada kertas = ringan
Melon lebih ....... daripada jeruk = besar - Mengamati gambar benda yang disajikan serta menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan gambar tersebut dengan huruf tegak bersambung.
- Menyebutkan ciri-ciri benda.
Setiap benda memiliki ciri-ciri. Ukuran, bentuk, dan permukaan adalah ciri-ciri benda.
- Ukuran benda
Ukuran benda berbeda-beda. Ada yang kecil ada yang besar. Ada yang panjang dan ada yang pendek.Sisir lebih panjang daripada pensil
Buku lebih besar daripada penghapus
- Permukaan benda
Bagian luar benda disebut permukaan benda. Permukaan benda ada yang kasar dan ada yang halus.
Permukaan kertas lebih halus daripada permukaan batang pohon
- Warna benda
Benda alam memiliki warna tertentu. Cabai berwarna merah. Susu bewarna putih.
Cabai bewarna merah dan susu bewarna putih
SBdp
Menyanyikan lagu Topi Saya Bundar dengan tepat. Lagu dinyanyikan dengan tekanan kuat dan lemah. Pada bagian tertentu lirik lagu dinyanyikan dengan keras. Lirik lagu yang dinyanyikan dengan keras ditandai dengan
Contoh:
5 | 5 . 3 | 1 . 5 | 2 . . |
Ka lau ti dak bun dar
| 0. 1 | 7 . 5 | 6 . 7 | 1 . . |
Bu kan to pi sa ya
| 0. 1 | 7 . 5 | 6 . 7 | 1 . . |
Bu kan to pi sa ya
Matematika
Menentukan perkalian dengan penjumlahan berulang.
Penjumlahan 4 sebanyak 2 kali sama dengan perkalian 2 dari 4.
Bentuk bentuk 4 x 3 , 3 x 2 , 2 x 5 , disebut bentuk perkalian.
x adalah tanda kali.
4 x 3 dibaca empat kali tiga
3 x 2 dibaca tiga kali dua
2 x 5 dibaca dua kali lima
Contoh:3 x 4 = 4 + 4 + 4 = 12
3 x 5 = 5 + 5 + 5 = 15
4 x 3 = 3 + 3 + 3 + 3 = 12
5 x 2 = 2 + 2 + 2 + 2 + 2 = 10
5 x 3 = 3 + 3 +3 + 3 + 3 = 15
Contoh soal:
Bahasa Indonesia
Susunlah huruf-huruf berikut hingga membentuk kata yang di maksut
Tidak berubah keadaan atau bentuknya
|
E
|
P
|
A
|
T
|
T
|
Mengandung air
|
A
|
S
|
A
|
B
|
H
|
Licin, lembut atau tidak kasar
|
S
|
L
|
U
|
A
|
H
|
Matematika
- Kaisar meletakkan krikil pada 4 lubang saat bermain congklak. Setiap lubang diisi 5 krikil.
a. Tuliskan kalimat matematikanya!
b. Tentukan hasilnya! - 3 x 2 = ..... + ..... + ..... = .....
- 4 x 6 = ...... + ..... + .... + ..... = .....
Lirik lagu yang dinyanyikan dengan nada keras ditandai dengan .....
Tidak ada komentar:
Posting Komentar