Minggu, 15 Desember 2019

Senin, 16 Desember 2019


Kegiatan Pembelajaran

Pengayaan:

Bahasa Indonesia

Menuliskan kalimat permintaan maaf dari teks percakapan. Kalimat permintaan maaf adalah kalimat yang menunjukkan rasa bersalah kepada orang lain atas perbuatan yang telah dilakukan. Dengan menggunakan kalimat permintaan maaf kepada seseorang merupakan cerminan dari hidup rukun dan dapat menjaga kerukunan antar sesama.
Contoh kalimat permintaan maaf :
Maafkan aku, aku telah memecahkan pot bunga mu.
Maaf, aku tadi merebut bukumu.
Maaf, aku tadi mendorongmu sewaktu main bola.

PKn
Menunjukkan contoh perilaku hidup rukun di masyarakat yang sesuai dengan sila keempat dan kelima Pancasila. Sikap gotong royong, sikap adil dalam menolong orang lain merupakan sikap yang sesuai dengan  pengamalan silakeempat dan kelima Pancasila.

Sila keempat yaitu kerakyatan yang dipimpin oleh khidmat kebijksanaan dalam permusyawaratan perwakilan. Dalam hal ini kita harus bermusyawarah mufakat dalam setiap pengambilan keputusan,  kita tidak boleh memaksakan kehendak kita kepada orang lain, menghormati dan menghargai pendapat orang lain, berhati besar untuk menerima keputusan apapun yang dihasilkan oleh musyawarah dan bekerja sama untuk mempertanggung jawabkan keputusan tersebut.
Contoh:
  1. Mengadakan musyawarah untuk membuat keputusan bersama
  2. Membuat keputusan dengan memperhatikan kepentingan bersama

Sila kelima yaitu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Dalam pengamalannya kita harus mengembangkan sikap adil terhadap sesama, menjaga keseimbangan hak dan kewajiban, menghormati hak orang lain dan menghargai hasil karya orang lain yang bermanfaat bagi kemajuan dan kesejahteraan bersama.
Contoh:
  1. Ikut dalam pelaksanakan gotong royong di Lingkungan sekitar.
  2. Memberi pertolongan dan hak hak yang harus diterima kepada orang yang membutuhkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Senin, 18 Mei 2020