Hari/
tanggal
: Rabu/ 4 September 2019
Kelas
: 2A
Tema/ Subtema/Pembelajaran
: 2
(bermain di lingkungan ku)/ 4 (bermain di
tempat wisata)/ 1
Alat
peraga
: Gambar, lagu naik kereta api
MATERI AJAR
Bahasa Indonesia
1.
Membaca
cerita dan percakapan tentang perjalanan ke tempat wisata
2.
Menyimak
cerita
3.
Membaca
percakapan yang berisi ungkapan tanya jawab
Kalimat tanya digunakan untuk
menanyakan sesuatu kepada orang lain dan mengharapkan jawaban. Kalimat
tanya biasanya diawali dengan kata tanya dan diakhiri dengan tanda tanya
(?). Bagaimana cara membuat kalimat tanya?
Ada beberapa kata tanya yang bisa
digunakan untuk membuat sebuah kalimat tanya.
1. Siapa, digunakan untuk menanyakan nama.
Contoh:
Kalimat tanya: Bersama siapa kita ke pantai, kak?
Kalimat jawaban : sama om Barta dan Anaknya.
Contoh:
Kalimat tanya: Bersama siapa kita ke pantai, kak?
Kalimat jawaban : sama om Barta dan Anaknya.
2. Kapan, digunakan untuk menanyakan waktu.
Contoh:
Kalimat tanya: Kapan kita berangkat ke pantai?
Kalimat jawaban: Kita berangkat pukul tujuh pagi.
Contoh:
Kalimat tanya: Kapan kita berangkat ke pantai?
Kalimat jawaban: Kita berangkat pukul tujuh pagi.
3. Di mana, ke mana, dari mana, digunakan untuk menanyakan tempat.
Contoh:
Kalimat tanya: Di mana kita akan menginap?
Kalimat jawaban: kita menginap di rumah nenek yang dekat dengan pantai.
Kalimat tanya: Ke mana kita akan pergi?
Kalimat jawaban: kita akan pergi ke pantai.
Contoh:
Kalimat tanya: Di mana kita akan menginap?
Kalimat jawaban: kita menginap di rumah nenek yang dekat dengan pantai.
Kalimat tanya: Ke mana kita akan pergi?
Kalimat jawaban: kita akan pergi ke pantai.
4. Berapa, digunakan untuk menanyakan
jumlah.
Contoh:
Kalimat tanya: Berapa lama kita berwisata?
Kalimat jawaban : kita berwisata selama 3 hari.
Contoh:
Kalimat tanya: Berapa lama kita berwisata?
Kalimat jawaban : kita berwisata selama 3 hari.
5. Apa, digunakan untuk menanyakan benda
atau suatu hal
Contoh:
Kalimat tanya: Apa yang kakak bawa ke pantai?
Kalimat jawaban: Aku membawa sekop pasir untuk bermain, dan makanan.
Contoh:
Kalimat tanya: Apa yang kakak bawa ke pantai?
Kalimat jawaban: Aku membawa sekop pasir untuk bermain, dan makanan.
6. Mengapa, digunakan untuk menanyakan sebab.
Contoh:
Kalimat tanya: Mengapa kita pergi ke pantai?
Kalimat jawaban: Karena sekalian kita berkunjung ke rumah nenek dan aku ingin bermain pasir di pantai.
Contoh:
Kalimat tanya: Mengapa kita pergi ke pantai?
Kalimat jawaban: Karena sekalian kita berkunjung ke rumah nenek dan aku ingin bermain pasir di pantai.
Matematika
1.
Memahami
konsep sifat pembagian dengan bilangan 1 dan dengan bilangan yang menghasilkan
bilangan 1
2.
Mengerjakan
pembagian dengan bilangan 1 dan dengan bilangn yang menghasilkan bilangan 1
Suatu bilangan
jika dibagi dengan bilangan 1, maka hasilnya bilangan itu sendiri.
Sebuah bilangan jika dibagi dengan bilangan itu sendiri, maka hasilnya adalah 1.
Sebuah bilangan jika dibagi dengan bilangan itu sendiri, maka hasilnya adalah 1.
Sifat pembagian dengan bilangan 1
Contoh
Rona menyisihkan 2 potong ikan goreng. Semua ikan itu untuk Muez si kucing. Berapa ikan yang di terima Muez?
Jawab: 2 : 1 = 2
Jadi, Muez menerima 2 potong ikan.
Contoh
Rona menyisihkan 2 potong ikan goreng. Semua ikan itu untuk Muez si kucing. Berapa ikan yang di terima Muez?
Jawab: 2 : 1 = 2
Jadi, Muez menerima 2 potong ikan.
Sifat pembagian suatu bilangan dengan bilangan itu
sendiri
Contoh
Contoh
gambar kue gambar piring
Ada 6 kue. Kue
itu akan diletakkan si atas 6 piring sama banyak. Berapa kue di setiap piring?
Jawab: 6 : 6 = 1
Jawab: 6 : 6 = 1
Latihan soal di buku 2b halaman 125.
SBdP
1.
Melakukan
persiapan alat dan bahan untuk melukis kerang
2.
Melukis
kerang sesuai petunjuk yang diberikan
Cara membuat
Kerang hias dapat dilihat di buku 2b halaman 122-123.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar