Hari/
tanggal
: Selasa/ 3 September 2019
Kelas
: 2A
Tema/ Subtema/Pembelajaran
: 2
(bermain di lingkungan ku)/ 3 (bermain di
lingkungan sekolah)/ 6
Alat
peraga
: Gambar, tabel perkalian
MATERI AJAR
Bahasa Indonesia
1.
Melengkapi
cerita berjudul Ayah Yovi Sakit
2.
Menyimak
teknik dasar menggiring bola
3.
Mencari
tahu arti kata-kata tertentu
4.
Mengamati
dan menulis ciri-ciri benda
Makna/arti kata
·
Tim:
kelompok, regu
·
Inti:
bagian yang utama, yang penting peranannya dalam suatu proses atau pelaksanaan kerja
·
Gol:
tercapai maksudnya (tujuan); berhasil (tentang mosi, rancangan, dan sebagainya)
·
Gawang:
dua tiang yang berpalang sebagai tempat sasaran memasukkan bola (dalam
permainan sepak bola dsb)
·
Penalti:
tendangan atau tembakan hukuman karena melanggar peraturan permainan di daerah
depan gawang pada batas yang tentu (dalam sepak bola, polo air, dsb)
·
Teknik:
cara (kepandaian dan sebagainya) membuat atau melakukan sesuatu yang
berhubungan dengan seni
·
Strategi:
rencana yang cermat mengenai kegiatan untuk mencapai sasaran khusus
·
Rutin:
prosedur yang teratur dan tidak berubah-ubah
·
Mengecoh:
menipu, mengakali (terutama dengan cara-cara yang kurang baik); membohongi
(dengan maksud menipu)
Ciri-ciri benda
Terdapat banyak benda disekitar kita. Benda memiliki wujud sifat dan cici cirri yang berbeda-beda. Misal meja memiliki cirri berbentuk persegi panjang, terbuat dari bahan kayu, dan biasa dipakai untuk menulis, meletakkan susuatu diatasnya dan lain lain.
Bola memiliki cirri berbentuk bulat, bagian luarnya terbuat dari kulit, karet atau plastic. Dibagian dalam berisi udara. Dan biasa digunakan untuk olahraga.
Terdapat banyak benda disekitar kita. Benda memiliki wujud sifat dan cici cirri yang berbeda-beda. Misal meja memiliki cirri berbentuk persegi panjang, terbuat dari bahan kayu, dan biasa dipakai untuk menulis, meletakkan susuatu diatasnya dan lain lain.
Bola memiliki cirri berbentuk bulat, bagian luarnya terbuat dari kulit, karet atau plastic. Dibagian dalam berisi udara. Dan biasa digunakan untuk olahraga.
Pengamatan keragaman benda dalam permainan sepak
bola
Alat dan bahan: Peluit, bola, kartu
Contoh hasil pengamatan:
Nama benda: peluit
Ciri-ciri benda: kecil, ditiup dapat berbunyi nyaring
Bentuk: padat, keras, permukaan halus
Alat dan bahan: Peluit, bola, kartu
Contoh hasil pengamatan:
Nama benda: peluit
Ciri-ciri benda: kecil, ditiup dapat berbunyi nyaring
Bentuk: padat, keras, permukaan halus
Latihan soal:
Buatlah kalimat dengan kata-kata sbb
Buatlah kalimat dengan kata-kata sbb
1.
Tim
2.
Teknik
Sebutkan
ciri-ciri peluit, ranting pohon, kardus
PKn
1.
Memahami
sikap yang baik untuk dilakukan saat
teman kesusahan
2.
Berdiskusi
membuat aturan cara menggiring bola
Dalam bermain Setiap
anggota harus mematuhi aturan dalam permainan. Agar permainan berjalan dengan
tertib. Penonton juga harus tertib. Penonton tidak boleh melempar bendabenda ke
tengah lapangan. Kalau tidak tertib, akan mengganggu proses permainan. Sama
seperti tata tertib di sejolah, kalau tata tertib di sekolah dijalankan, akan
bermanfaat dalam kehidupan kita. Kita akan terlatih untuk lebih disiplin. Selain
itu, kita juga terbiasa hidup rapi dan bersih. Kita juga terlatih untuk
bertanggung jawab dengan kegiatan yang kita kerjakan, serta membiasakan diri
untuk ramah kepada orang lain. Membiasakan hidup tertib memiliki banyak manfaat
dalam hidup.
Kalau kita tidak
mematuhi tata tertib di sekolah, akan berakibat kurang baik. Kita pasti akan
mendapatkan sanksi. Kalau pertama kali melanggar, akan mendapatkan peringatan
dahulu. Namun, kalau sudah lebih dari sekali akan langsung mendapatkan hukuman.
Jika pelanggarannya terlalu parah, orang tua kita akan dipanggil.
Latihan soal di buku 2b halaman 110
Matematika
1.
Memahami
kembali penggunaan tabel perkalian untuk pembagian
2.
Mengerjakan
soal-soal pembagian dengan bantuan tabel perkalian
Tabel perkalian
untuk pembagian
Cara menggunakannya, yaitu:
Kita menghitung pembagian bilangan 15 dengan bilangan 5. Perkalian bilangan 15 yang sebaris dengan bilangan 5, ternyata ada di lajur 3. Jadi, 15 : 5 = 3.
Latihan
soal buku 2b halaman 112
Kita menghitung pembagian bilangan 15 dengan bilangan 5. Perkalian bilangan 15 yang sebaris dengan bilangan 5, ternyata ada di lajur 3. Jadi, 15 : 5 = 3.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar