Selasa, 14 April 2020

Rabu, 15 April 2020

Hari/Tanggal: Rabu, 15 April 2020
Kelas: 2 A 
Petunjuk kegiatan:
Berdoalah sebelum memulai kegiatan pembelajaran
Siapkanlah alat tulis sebelum belajar.
Simaklah tayangan pada TVRI dengan seksama.
Foto/ dokumentasikan saat menonton TVRI.
Kerjakanlah soal yang ada pada tayangan TVRI.

Link Materi,  15 April 2020 di TVRI untuk SD kelas 1-3: 


Untuk Nonton online TVRI, bisa steaming pada pukul 08.30-09.00 WIB melalui link berikut:
https://www.vidio.com/live/6441-tvri

Soal pada tayangan TVRI:



 
Hari/ Tanggal                          : Rabu, 15 April 2020
Tema/Subtema/Pembelajaran  : 8 (keselamatan di rumah dan perjalanan)/ 2 (menjaga keselamatan di rumah)/ 4
Alat peraga                              :  Gambar

Ringkasan Materi

PPKn
Banyak kegiatan di sekolah yang menunjukkan persatuan. Ada kegiatan permainan yang menunjukkan persatuan di sekolah, antara lain:
a)      Kasti bersama teman-teman saat jam pelajaran olahraga
b)      Gobak sodor bersama teman-teman saat jam istirahat
Sikap persatuan yang ditujukan dalam permainan tersebut adalah
a)      Rukun
b)      Kompak
c)      Kerja sama
d)     Menerima kekalahan tim dan kemenangan lawan
e)      Tidak pilih-pilih teman sebagai anggota tim

Bahasa Indonesia
Kegunaan tanda titik
1.      Tanda Titik di gunakan Akhir Kalimat
Tanda titik diletakkan di akhir sebuah kalimat yang bukan merupakan kalimat pertanyaan ataupun kalimat seruan. Kalimat pernyataan atau kalimat berita lah yang menggunakan tanda titik di akhir kalimatnya. Sedangkan kalimat pertanyaan menggunakan tanda tanya dan kalimat seruan menggunakan tanda seru. Contoh :
1.      Pemerintah tetap memberlakukan Ujian Nasional sebagai standar kelulusan pada jenjang SD – SMA.
2.      Setiap orang di jalan itu terenyuh melihat perjuangan seorang bapak yang mengajak anaknya berjualan koran.

2.      Tanda Titik Digunakan di Akhir Singkatan Nama Orang.
Jika beberapa kata dalam nama seseorang disingkat maka tanda titik harus ada di akhir singkatan tersebut. Akan tetapi tanda titik tidak dipakai jika nama tersebut ditulis lengkap. Contoh :
1.      Ahmad S. Hendrawan
2.      Muh. Yamin
3.      Jenderal A.H. Nasution

3.      Tanda Titik pada Akhir Singkatan Gelar, Pangkat, Jabatan, Sapaan
Selain pada singkatan nama orang, tanda titik juga digunakan pada singkatan gelar, pangkat, jabatan atau sapaan. Perhatikan contoh berikut:
1.      Kol. Suparman memutuskan untuk mengajukan pensiun dini karena sak
2.      Rr. Ajeng Prawirodirjo dinobatkan menjadi ratu kerajaan.
3.      Ir. Soekarno adalah presiden pertama bangsa Indonesia.
Matematika
1.      Dita menonton TV dari pukul 15.00 sampai pukul 16.00. Dita menonton TV selama 1 jam. Ini berarti jarum jam bergerak 1 angka.
Jarum jam bergerak 1 angka bila jarum menit bergerak dari angkat 12 dan kembali ke angka 12. Pergerakan tersebut sama dengan 60 menit. Ini berarti 1 jam sama dengan 60 menit.

2.      Sesil berlatih tari dari pukul 15.30 hingga 16.00. Sesil berlatih selama 30 menit.
Jarum menit bergerak dari angka 6 ke angka 12. Pergerakannya membentuk sengah lingkaran. Adapun jarum jam bergerak dari titik diantara angka 3 dan 4 menuju titik pada angka 4.
Contoh : Anak-anak bermain sejak pukul 08.00 hingga pukul 09.30.


Mulai Bermain

Selesai Bermain

                       
Anak-anak bermain 1 jam 30 menit.
1 jam 30 menit = 60 menit + 30 menit = 90 menit

Evaluasi Tematik :



Mata Pelajaran : Agama Islam
Bahan ajar kelas 2
Standar Kopetensi
a.1 mengenal tata cara wudhu

B.     Kompetensi Dasar
b.1  menjelaskan tata cara wudhu

C.     Tujuan pembelajaran
Ø  Mendiskusikan tetntang urutan tata cara
Ø  Mengamati poster/gambar berwudhu
Ø  Mengetahui hal-hal yang dapat membatalkan wudhu

D.     Matari pembelajaran
Ø  Tata cara dan rukun wudhu serta hal-hal yang membetalkan wudhu.

E.      Metode pembelajaran
ü  Ceramah
ü  Tanya jawab
ü  Penugasan

F.      Langkah-langkah pembelajaran
1.      Kegiatan pendahuluan
ü  Memulai dengan salam, menyapa siswa dan berdoa.
ü  Apresiasi, mengajaukan pertanyaan tentang cara berwudhu.
ü  Motivasi, membangkitkan minat dan menimbulkan kesadaran siswa bahwa betapa pentingnya berwudhu.
2.      Kegiatan inti
ü  Eksplorasi : guru meminta masing-masing siswa mwmbaca dan mengamati poster/gambar tentang tata cara berwudhu.
ü  Elaborasi : siswa memahami hasil pengamatan poster/gambar tentang tata cara berwudhu.
ü  Konfirmasi : guru meminta beberapa siswa untuk mempraktekkan gerakan tata cara berwudhu yang ada pada poster/gambar tetntang tata cara berwudhu.
ü  Elaborasi : guru melakukan Tanya jawab tentang berwudhu.
3.      Kegiatan penutup
ü  Guru memberikan penguatan atas pengamatan siswa dan menyimpulkan materi tentang wudhu.
ü  Melontarkan beberapa pertanyaan kepada siswa tentang materi wudhu.
ü  Motivasi siswa, betapa pentingnya berwudhu.


















Hal-hal yang membatalkan wudhu

1. Apa yang keluar dan salah satu dari kedua jalan yaitu dari qubul maupun dubur,
2. Tidur nyenyak
3. Menyentuh kemaluan dengan telapak tangan dan jari-jari, tanpa menggunakan pembatas
4. Hilang akal dan perasaan
5. Menyentuhyang bukan muhrim
6. Murtad atau keluar dari agama Islam. 
7. Makan daging unta

Tugas praktik agama.
Praktikan tatacara berwudu seperti. Dalam gambar di atas

Selamat mengerjakan anak Soleh Solehah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Senin, 18 Mei 2020