Hari/ Tanggal : Selasa, 17 Maret
2020
Tema/Subtema/Pembelajaran
: 7 (Kebersamaan)/ 3 (Kebersamaan di tempat bermain) / 1 dan 2
Alat peraga :
Ringkasan Materi
TEMATIK
Bahasa Indonesia
Teks dongeng
Dalam dongeng atau bacaan cerita lain, kita sering menemukan
kata sapaan. Penggunaan kata sapaan harus memperhatikan mitra bicara atau pihak
lain yang di ajak bicara. Hal ini agar tidak terjadi kesalahpahaman. Huruf
pertama pada kata sapaan ditulis menggunakan huruf kapital.
Misalnya kisah Kucing dan Tikus:
A.
Kata sapaan yang di gunakan Kucing ketika menyapa Tikus
adalah Tikus
B.
Kata sapaan yang di gunakan Tikus ketika menyapa Kucing
adalah Kucing
C.
Kata sapaan lain yang terdapat dalam kisah Kucing dan
Tikus adalah Kau
Dalam dongeng, kita bisa jumpai kalimat dan kata sapaan. Kata
sapaan biasanya digunakan untuk yang diajak bicara.
Contoh:
Kalimat
|
Kata Sapaan
|
”Hati-hati
di jalan Mut, semoga kamu mendapat Makanan yang banyak. Aku pergi dulu, ya”
|
Mut
|
”Iya Lala,
kamu juga hati-hati di jalan”
|
Lala
|
”Ada yang
bisa saya bantu, Teman?”
|
Teman
|
”Hei, kamu
mau kemana Sembur kurus?”
|
Semut
kurus
|
”Aku
sedang jalan-jalan sambil mencari makanan, Lala.”
|
Lala
|
Latihan soal :
kerjakan latihan di buku cetak 2G halaman 94 (ayo jawab), 95 (ayo mencari tahu), 96 (ayo menulis), dan
halaman 103.
Matematika
Pecahan
A.
Sebuah gambar dibagi menjadi bagian yang sama. 1 bagian
bertanda X menyatakan pecahan ½.
B.
Banyak apel ada 2. 1 apel bertanda X menyatakan pecahan
½ .
C.
Sebuah kue dibagi menjadi 3 bagian yang sama. 1 bagian
bertanda X menyatakan pecahan ⅓.
D.
Sebuah kue dibagi menjadi 4 bagian yang sama. 1 bagian
bertanda X menyatakan pecahan ¼.
Latihan soal: kerjakan
latihan halaman 97 buku 2G (A, B, C)
SBdP
Karya imajinatif dua atau tiga dimensi
Rasa senang merupakan ungkapan perasaan. Hanya orang yang
memiliki perasaan tersebut yang dapat menjelaskannya. Perasaan dapat
diungkapkan melalui gambar. Gambar yang mengungkapkan perasaan pembuatnya
disebut gambar ekspresif.
Latihan : Buatlah
sebuah gambar ekspresif sesuai keinginanmu, sesuaikan dengan suasana yan kamu
rasakan bisa senang, sedih ati marah, kerjakan di buku gambar.
PPKn
Perbedaan karakteristik individu
1.
Keragaman di kelas sangat banyak. Salah satunya adalah
keberagaman tinggi badan. Ada anak yang bertubuh pendek. Ada juga anak yang
bertubuh tinggi. Ukuran tubuh termasuk keberagaman karakteristik fisik.
Keberagaman karakteristik fisik merupakan anugeran Tuhan. Keberagaman
karakteristik fisik merupakan macam-macam ciri khusus pada badan manusia.
2.
Keberagaman permainan kesukaan sering kita temui saat
kita bermain. Kita juga tidak boleh memaksakan permainan kesukaan kita kepada teman.
Kita harus tetap saling menghormati keragaman itu. Sekali waktu, kita bisa
saling mencoba permainan kesukaan teman lain.
Latihan soal: kerjakan
latihan halaman 101 buku cetak 2G.
Evaluasi kerjakan di
buku latihan tematik:
1.
Carilah arti kosakata kemarau kemudian tulislah contoh kalimatnya!
2.
“Selamat pagi, Kelinci” sapa Ayam. Yang termasuk kata
sapaan adalah kata ...
3.
Susunlah kata acak berikut menjadi kalimat! Dimulai
dari kata bercetak tebal!
a.
Hutan-merawat-pentingnya-menyadari-mereka
4. Perhatikan gambar tersebut, daerah arsir yang
menunjukkan pecahan ⅓ terdapat pada gambar?
5.
Seekor ayam dari 4 kumpulan ayam dapat dinyatakan
dengan pecahan?
6.
Gambar dibuat bedasarkan khayalan disebut gambar?
7.
Krayon merupakan benda untuk?
8.
Media yang di gunakan untuk menggambar adalah?
9.
Tuliskan contoh keberagaman makanan kesukaan di
keluargamu!
10. Sikap
terhadap teman yang badannya pendek adalah tetap...
IMLAK- Wali murid mendektekan teks halaman 100 buku cetak 2 G, anak menulis teks yang sudah di dektekan oleh wali murid.
Pertemuan kali ini kita akan belajar bagaimana cara membuat kereta api di dalam program paint,
Link tautan dibawah ini adalah contoh kereta yang telah saya buat, coba anak - anak buka dan ikuti apa yang sudah bapak buat.
klik link ini --> https://www.youtube.com/watch?v=Plza1U8uVh4
Jika sudah selesai membuat gambar tersebut di dalam program paint, silahkan anak - anak menjawab pertanyaan bapak dibawah ini :
1. Sebelum kita menggambar di paint bagaimana cara masuk ke dalam program paint sebutkan
caranya ?
2. Praktek hari ini kita menggambar kereta menggunakan ikon toolbox apa saja sebutkan semuanya ?
3. Masing - masing ikon toolbox tersebut fungsi kegunaannya apa saja sebutkan ?
4. Kalau sudah selesai menggambar sebutkan bagaimana cara menyimpan gambar tersebut ?
5. Dari yang sudah kita pelajari hari ini dibagian gambar mana yang paling susah bagi anak - anak
menggambar nya di program paint ?
Materi sudah d pelajari dan tugas suah dikerja kan semua 👍 terima kasih atas bimbingannyaby bu 😘
BalasHapusSama-sama bunda 😘
BalasHapus